[TIPS] Cara Masukan Karya ke Penerbit


.

ghea-glasses -- Jika Novel sudah jadi, kirim saja ke penerbit (yang menerbitkan novel). Cara tahu suatu penerbit menerbitkan novel atau tidak adalah pergi ke toko buku, kemudian cek novel-novel sejenis dengan punya kamu. Lihat cover belakang, biasanya ada alamt penerbit plus email/website. Jika tidak ada alamatnya, kamu cari lewat google. Selesai? Belum bos!
Kalau sudah dapat alamat dari Penerbit, kamu masuk ke situs-situs mereka, disitu kamu cari bagian “ingin jadi penulis/mengirim naskah” . Disono diterangin dengan jelas syarat dan ketentuan mengirim naskah novel seperti: (biasanya)
- Tebal halaman (antara 100-200 halaman)
- Jenis Naskah (misalnya novel anak, novel teenlit, novel chicklit, novel sastra filosofis)
- Sinopsis (ringkasan cerita)
- Segmen pasar (anak SMP, SMA, anak-anak, segala umur, dewasa dll)

Jangan lupa, ada penerbit yang menerbitkan novel-novel bertema berat (seperti karya-karya Orhan Pamuk, Voltaire, Sartre, Albert Camu dll model karya terjemahan gitu), tapi ada juga penerbit yang suka novel2 ringan untuk remaja (teenlit), atau dewasa (chicklit, 20-35 tahunan lah). Trus novel yang agamis biasanya diterbitkan penerbit yang misi dan visinya agamis juga.

Bila telah terpenuhi langsung dikirim. Jangan lupa dilihat ketentuannya, ada yang bisa dikirim via email, tetapi ada yang mengharuskan dikirim hardcopy/print out.

Bila belum terpenuhi, cari penerbit lain, atau bila kamu merasa “cocok dan sreg” dengan suatu penerbit, kamu bisa nanya2 via email, atau telpon biar cepet ada respon. Bila naskah kamu OK, meskipun halamannya kurang, ntar kan masih diedit lagi, disuruh nambahi atau ada beberapa yang dikurangi.

O ya masa tunggu naskah secara umum 1-2 bulan. Ntar kamu di email/sms/telpon/ atau tahu-tahu naskahmu sudah sampe di depan pintu sebagai pemberitahuan naskah kamu ditolak/diterima. Tapi…kadang bisa molor n molornya ada yang sampai satu tahun lho..So, jika tidak ada kabar, tiap 1 atau dua bulan sekali kamu bisa telpon ke penerbitnya untuk menanyakan kabar naskah kamu.

Sebagai pancingan, nih aku kasih dikit alamat penerbit Yogya, penerbit yang lain goggling sendiri ya.


Diambil dari http://caturhp.multiply.com/journal/item/34
Dan Kaskus.us

Your Reply