[INFO] Kemiripan Perisai Pada Lambang Pancasila


.

ghea-glasses-- Dari sebuah kunjungan ke Polandia, saya sempat terkejut dengan sebuah disain yang nyaris sama, yang terpampang di pintu sebuah benteng di Bukit Wawel, Kota Krakow Polandia. Krakow sendiri, merupakan sebuah kota tua yang tersisa di Polandia, setelah serangan dari Nazi Jerman menghancurkan banyak kota kota disana, termasuk Warsawa sendiri. Benteng yang terletak di Bukit Wawel di tepi sungai Vistula di kota Krawow, Polandia tersebut telah berdiri sejak abad ke 11 dimana pada saat itu Polandia sendiri masih berbentuk Kerajaan.

Gambar diatas diambil pada pintu benteng di Bukit Wawel tersebut. Di situ terlihat letak kemiripan disain dengan perisai negara kita yang terkalung di Lambang Negara kita, Garuda Pancasila.

Darimana kita dapat menarik benang merah sejarah di masa lampau antara Indonesia dengan sebuah kerajaan di Polandia yang berdiri pada abad ke - 11 ? Adakah perisai lambang kerajaan tersebut merupakan sumber inspirasi dari Perisai dalam Garuda Pancasila yang kita kenal sebagai lambang negara kita? Atau hanya merupakan sebuah kemiripan yang tanpa sengaja terjadi ? Ide otentik -kah Perisai yang terkalung pada Garuda Pancasila, Lambang Negara kita ?
1 Oktober. Hari ini dikenal sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Apapun kontroversi sejarah di balik pemilihan hari, disain lambang negara, para pahlawan yang telah merumuskannya , hendaknya kita tidak melupakan arti dan makna dari Pancasila itu sendiri, sebagai bagian dari Bangsa Indonesia.


“Bhinneka Tunggal Ika” - Berbeda beda tetapi tetap satu jua.
http://id.wikipedia.org/wiki/Rumusan-rumusan_Pancasila

http://id.wikipedia.org/wiki/Sultan_Hamid_II#Perumusan_lambang_negara_.28Garuda_Pancasila.29
http://id.wikipedia.org/wiki/Majapahit

http://krakow.pl/english/visit_krakow/6015,artykul,wawel_royal_castle.htm

Your Reply