[GAMES] Main UNO pakai kartu REMI


.

gHea-gLassEs -- Tahu nggak kalian tentang permainan kartu UNO ? UNO adalah permainan kartu yang kartunya di design khusus, sehingga berbeda dengan kartu remi. Cara permainannya mirip dengan main cangkulan di Indonesia yang menyamakan angka atau kartu. Nah, daripada susah-susah beli kartu UNO, kita bisa menggunakan kartu Remi Lho…
Berikut cara memainkannya :
1. Permainan UNO bisa dimainkan 2 - 10 orang

2. Pertama-tama setiap orang diberi 7 kartu, sisa nya digunakan untuk kartu tarikan / Draw Card

3. Dari kartu Draw Card,buka satu kartu untuk menjadi kartu pertama yang dimainkan / First Card

4. Inti dari permainan ini adalah menyamakan Warna / Angka pada kartu yang dimainkan (Misalnya : Kartu yang pertama yang diambil dari Draw Card adalah kartu angka 7 berwarna Merah. Jadi anda bisa mengeluarkan kartu 7 berwarna apa saja / kartu berwarna Merah dengan angka berapa saja)

5. Kartu yang dikeluarkan untuk dimainkan, dikeluarkan oleh pemain sesuai gilirannya (Giliran pemain ditentukan oleh peraturan permainan. Misalnya : giliran pemain berputar searah jarum jam)

6. Jika anda tidak memiliki kartu yang cocok dengan kartu yang dimainkan, anda harus menarik satu kartu dari Draw Card (Jika kartu yang di ambil (Dari Draw Card) bisa dikeluarkan sesuai kartu yang dimainkan, maka kartu tersebut boleh di keluarkan. Misalnya : Kartu yang sedang dimainkan angka 2 Warna Hitam, dan anda tidak memiliki kartu dengan angka 2 ataupun warna Hitam, maka anda harus mengambil kartu dari Draw Card. jika kartu yang anda ambil bisa dikeluarkan misalnya 4 Hitam atau 2 merah, kartu itu bisa dikeluarkan)

7. Jika dalam katu Uno terdapat Kartu Simbol seperti +2,+4,Reverse,Block,Wild,dan Wild +4 , maka jika menggunakan kartu remi digantikan dengan angka 7, 8 , kartu Jack dan As.

8. Penjelasan Kartu Simbol/khusus :
a. Angka 7 : Jika kartu ini di mainkan. Pemain pada giliran selanjutnya harus menarik 2 kartu dari Draw Card dan harus mencocokan warnanya . Kartu ini dapat dicegah dengan kartu 7 yang sama walaupun warnanya berbeda sehingga giliran selanjutnya mengambil 4 kartu dari Draw Card. Jika ingin mencegah lagi, keluarkan kartu 7, sehingga giliran selanjutnya mengambil 6 katu dari Draw Card. Jika giliran selanjutnya ingin mencegah lagi, keluarkan angka 7 lagi sehingga giliran selanjutnya mengambil 8 kartu dari Draw Card.
b. Angka 8 : yang menghentikan giliran lawan . Jika kartu ini dimainkan, pemain selanjutnya kehilangan gilirannya dan pemain selanjutnya yang mencocokkan kartu. Kartu ini dapat dicegah dengan kartu 8. Sehingga pemain selanjutnya yang berhenti. Begitu seterusnya. (intinya jika ingin dicegah, berturut-turut masing pemain mengeluarkan angka 8). Pemain yang berhenti dapat bermain lagi hingga giliran selanjutnya.
c. As : Kartu ini hanya untuk mengubah arah giliran pemain (Mis : Permainan berputar searah jarum jam ,tapi jika kartu ini di mainkan ,jadi belawanan arah jarum jam)
d. Jack : Mengganti warna kartu yang sedang dimainkan (Mis : kartu yang dimainkan Kartu Keriting 4, maka jika kartu Jack di keluarkan bisa memilih kartu love, wajik maupun sekop)

9. Jika kartu di tangan anda tinggal satu buah, maka anda wajib berteriak,"UNO" hingga seluruh pemain mendengar . Itu berarti kartu di tangan anda tinggal 1 . Jika anda lupa berteriak UNO dan pemain lain berteriak UNO ,maka anda harus menarik kartu dari Draw Card (Saya sarankan 2 kartu saja). Namun tidak digunakan tidak apa.

10. Yang menang adalah yang kartunya habis duluan, dan yang kalah serta yang mengocok kartu adalah yang nilainya terbesar ( Nilai kartu sama seperti angka yang tertera (4 Hati = 4), J=20 , Q=2 , K=3 dan As=10)

sumber : SMAGZ (smada magazine, SMAN2 Bondowoso)
glasses29.blogspot.com

One Response to “[GAMES] Main UNO pakai kartu REMI”

Your Reply