[FAKTA] Hal- hal yang Perlu Dilakukan dalam Berlalu Lintas


.

ghea-glasses -- Nah, akhir - akhir ini banyak sekali kecelakaan karena melakukan pelanggaran, apalagi pengendara roda 2. Oleh karena itu, disini kita akan membahas apa saja hal mendasar dan kita sering lupa melakukannya.


1. Pada Waktu Sebelum berangkat, pastikan kendaraan dalam keadaan PRIMA.
- cek dulu rem, gas , kopling, lampu dll. Ingat, gunakan 2 spion. dan jangan gunakan sekali kali hanya menggunakan spion kiri saja. karena disini kita menggunakan lajur kiri, iya kalau di eropa yang menggunakan lajur kanan,, baru kita menggunakan spion kiri ( coba pahami ^^, )
- Nyalakan lampu utama meski siang. fungsinya agar sesama pengendara yang berlawanan arah dapat saling mengetahui keberadaannya. Fakta membuktikan, setelah peraturan lampu dinyalakan pada siang hari, tingkat kcelakaan menurun drastis.
- Pastikan gunakan helm standart. minimal menutupi 75% bagian kepala. Dan jangan lupa di-ckelek alias dipasang talinya (takutnya lepas helmnya seperti pembalap Marco Simoncelli)
- Gunakan semua bagian sepeda yang standart dan jangan di modif (ban, shock , knalpot), karena itu sudah dibuat agar sesuai dengan kondisi jalan bsah kering derta tingkat kebisingan. Belum lagi, itu yang buat PROFESOR, jadi janganlah ngalah ngalahi profesornya.

2. Ketika dijalan gang mau keluar ke jalan besar, atau dari jalan tidak raya ke jalan raya. khususnya belok kiri, wajib hukumnya untuk berhenti dulu, pastikan tidak ada kendaraan dari arah kanan.
- biasakan bersabar menunggu lampu merah, apalagi yang ada timernya, tunggu hijau/angka 0 baru jalan., dan inget! kuning itu artinya hati-hati, bukan malah nambah gas.
- Di persimpangan, kalau mau belok kiri wajib berhenti dan ikuti isyarat lampu. Supaya memberi kesempatan untuk penyebrang jalan. bayangkan jika di simpang 4,semua langsung belok kiri. kapan mau nyebrang kan? kecuali ada petunjuk jalan langsung.
- Tau garis warna putih ditengah jalan ? nah, kalau garisnya putus-putus, kita boleh melewatinya. kalau tidak putus-putus, jangan sampai dilewati. itu tanda bahwa arus yang berlawanan sangat ramai.

3. usahakan jangan ngebut dijalan,sebagai usaha menghemat BBM. meski kita punya banyak uang, tapi ingat bahwa BBM-nya yang tidak cukup banyak.
- janganlah bergaya dijalan, anda mungkin bisa selamat. tapi bisa - bisa orang lain menjadi kecelakaan akibat tingkah anda.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kita lakukan., Jika kita melakukan itu, pasti, tingkat kecelakaan di Bondowoso akan berkurang drastis.
Ayo, kita kan remaja Indonesia yang baik, mari sebarkan agar tercipta kenyamanan dijalan.


courtesy : Dishub & LLAJ

glasses29.blogspot.com

2 Responses to “[FAKTA] Hal- hal yang Perlu Dilakukan dalam Berlalu Lintas”

  1. Forum|Hotels Review|Villas Review|Link Exchange

    jangan lupa..pastikan dompet anda cukup berisi uang...

  2. Garu says:

    pastinya donkkk., heee

Your Reply