[TIPS] 7 Cara Mengelola Mading Sekolah


.

gHea-gLassEs -- Bikin mading itu biasa. Ngelola mading sekolah secara asyik itu yang luar biasa! Dengan mengelola secara asyik, bikin mading sekolah nggak akan kamu rasakan sebagai beban. Malahan, bikin mading akan kamu rasakan sebagai rekreasi di tengah tugas-tugas belajar yang wuahh buanyaknya itu..Tips Mengelola Mading Sekolah

1. Anggota
Jadi, sebelum mengelola madding, kita harus menyusun siapa saja sih anggotanya. Sekalian juga mengatur kepengurusannya. Siapa yang jadi bendahara, editor, lay outer maupun lainnya. Kalau semua yang nyari berita, kan susah ndak ada yang ngedit dan beri tampilan yang menarik.

2. Rancangan Kegiatan
Setelah tau kepengurusannya, baru tentuin jadwal pembuatan dan pembuatan. Sekalian juga dengan tema dan isi yang mau di tampilkan. Waktunya bisa 2 minggu sekali atau sebualan sekali dengan tema yang disesuaikan dengan acara atau hal hal yang menarik pada saat itu.

3. Seimbang
Mading itu tujuannya kan menyampikan informasi, jadi buatlah sesuatu hal yang menarik tapi informasi yang ingin kita sampaikan tersampaikan.

4. Visual
Jangan buat artikel yang panjang baaaanggetttt.. Dijamin 100% orang dak akan baca. Siapa juga yang rela berdiri lama lama sambil baca sesuatu. Beri foto, karikatur dan komik sebagai sesuatu yang menarik madingmu.

5. Isi Mading
Tidak semua informasi harus disampaikan kepada pembaca. Tidak mungkin kan madding sekolah berisi tentang pasar bursa atau saham. Karena itu, carilah info yang sesuai dan paling diminati pembaca. (humor, zodiac, tips,dlll)

6. Tajuk dan Judul
Bagian terpenting yang mendasari madding adalah tajuk dan judul. Tajuk itu memberikan informasi tentang sudut pandang redaksi pada tema / hal yang dipilih. Sedangkan judul itu agar para pembaca langsung tau isi semua rubric itu tentang apa.

7. Keuangan
Yang paling penting dalam menjalankan madding adalah pengaturan keuangan. Kalau tidak ada atau ingin menghemat uang, bisa gunakan kreasi daur ulang. Kalian bisa mendapatkan uang dari sekolah, osis, sponsor atau swadaya anggotannya.

Your Reply