[HISTORI] Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2013


.

Menyimak arti kebangkitan nasional, mengingatkan kita, bahwa saat ini saatnya kita bangkit dari segalanya. mengingat keterpurukan bangsa kita terjadi dalam setiap lini kehidupan, sosial, ekonomi, budaya, ideologi, politik dan hukum. 

Bagi bangsa kita, 105 tahun yang lalu meninggalkan kesan yang penuh makna. Hari ini 20 Mei 2013 kita mencoba mengingat kembali perjuangan Dr. Soetomo dan Wahidin Sudirohusodo. Saat itu penjajahan kolonial Belanda membuat bangsa kita lemah, tak berdaya, tekan dan tertindas. Sangat menderita. Namun para cendekia tersebut sadar, pendidikan yang dia raih harus digunakan untuk membangkitkan semangat, bangkit semangat persatuan dan kesatuan serta bangkit semangat perjuangan, maka didirikanlah organisasi Boedi Oetomo pada tanggal ini 105 tahun yang lalu.

Mewarisi semangat Boedi Oetomo, mari kita lihat bangsa kita saat ini. Bangsa kita seolah bercerai-berai. Setiap hari kita dan anak-anak menyaksikan diberbagai mas media berita-berita yang tidak sedap kita rasakan. Tindakan korupsi-kolusi-nepotisme (KKN), kerusuhan, demonstrasi-anarkis, penindasan, berbagai aneka kejahatan, perilaku abnormal saudara kita, narkoba, penggusuran, kemiskinan dan berita-berita tidak enak lainnya. Semua itu menjadikan bangsa kita terbingkai dalam mesemrawutan, ketidakjujuran, kemiskinan dan kebodohan. MasyaAllah!

Satu sisi hal tersebut menyentuh hati kita untuk membangkitkan semangat menolong sesama, sisi lain ini merupakan gambaran bahwa bangsa kita lama-lama semakin bercerai-berai. Satu-satunya yang bisa mewujudkan tekad kita adalah adanya rasa kebangkitan nasional. Untuk inilah saat ini kita memperingatinya. Didepan gerbang sekolah terpampang slogan "......Kebangkitan Nasional". Hendaknya bukan hanya slogan yang kita buat, tapi perilaku dan hati kita segera bangkit, enyah dari semua itu.

Siapa yang harus bangkit? Setidaknya ada 4 pilar utama yang dapat menjadikan kebangkitan ini berarti dalam kehidupan. Pertama, keluarga. Keluarga kita adalah yang utama dan pertama terjadinya interaksi sosial yang bermakna. Setiap keluarga menata diri, menilai diri, dan bertindak menjaga keutuhan. Orang tua (Bapak-Ibu) dan anak saling menjalin komunikasi yang baik. Orang tua bertindak jujur, sehingga anak-anak akan tertanam karakter jujur. Kedua, sekolah. Sebuah lembaga pendidikan yang punya visi dan misi, segenap komponen sekolah menjunjung tinggi tujuan pendidikan nasional, lebih khusus tujuan sekolah kita masing-masing. Mengedepankan etos belajar yang tinggi, menjunjung keadilan pendidikan dengan berperilaku jujur, tanggung jawab, teladan yang baik serta anak-anak harus memeluk erat sportifitas belajar. Contohnya tidak saling bertukar jawaban ketika ulangan harian, malu jika mendapatkan nilai rendah. Semua itu akan dapat membingkai kita secara otomatis dalam kebangkitan pendidikan kita. Ketiga, Masyarakat. Komponen yang luas menyajikan aneka pengaruh, baik ataupunburuk. Namun perilaku buruk tersaji dalamkehidupan kita. Manakala ini terjadi, cepatlah kita bertindak dengan nurani kejujuran dan kebenaran. Belajar dari lingkungan adalah penting, mengingat kita terlibat di dalamnya. Mengedepankan akal dan fikiran sebagai langkah utama menghadapi dinamika masyarakat yang dinamis dan berkembang. Tidak mudah terprofokasi bila melihat suatu peristiwa sebelum mengetahui yang sebenarnya. Bertindak prefentif akan lebih baik dari kuratif. Keempat, Pemerintah. Pemerintah sebagai unsur birokrasi harus dapat membangun citra, mengingat selama ini kinerja birokrasi mendapat nilai rendah di hati kita. Melayani dan meminta pelayanan yang bertanggung jawab adalah kuncinya. Sehingga terhindar dari budaya KKN sebagaimana berkembang pada akhir-akhir ini. Sebagai pribadi hendaknya kita tidak terlarut dalam nuansa ini. Satu menyulut, lainya akan terbakar dan tersebar.

Empat komponen utama di atas bila masing-masing akuntabel dalam menjalankan fungsi dan perannya, maka kebangkitan nasional akan menjadi momentum berarti dan bangsa kita semakin maju berkembang dengan penuh peradaban. Semoga.

Source : http://www.tetukoinposting.com/

Your Reply