[NEWS] Berpikirlah Kaya Orang Bodoh


.

ghea-glasses -- Waktu ada masalah, biasanya kita terlalu memikirkan tu masalah, hingga kadang menemukan jalan keluar, tapi jalan keluarnya itu kurang efisien, malah terlalu rumit kalo boleh kita bilang.
 Nah, disini ada 3 masalah, dan 2 pemecahan masalahnya: satu sangat bodoh, yang satu sangat pintar...

 Kasus 1
Nah, ini tentang kotak sabun yang kosong, by perusahaan kosmetik, make up terbesar di Nippon sana. Berdasarkan keluhan pelanggan yang membeli sbun dari mereka, tapi isnya kagak ada a.k.a kosong, dengan segera ditindaklanjuti oleh bagian pengepakan.
 Manajemen lalu meminta para teknisi for this problem. Akhirnya, terciptalah mesin sinar X, dengan monitor resolusi super, (kayak yang ada di bandara), jadi sabun tadi bakalan lewat dan disorot, kalo kosong, bakalan ketahuan. Hasilnya memang luar biasa, tapi biayanya masih terlalu mahal.

 Kemudian, dengan masalah yang sama, dengan seorang karyawan di perusahaan yang kecil, pikirannya simpel aja. Dia beli kipas angin yang besar, lalu ditaruh dekat bagian pengepakan. Nah, ketika ada kotak sabun yang kosong, kotak tadi langsung melayang tertiup angin...

 Kasus 2
 Nah, kali ini cerita dari NASA. Pas astronot melayang-layang di angkasa, ternyata pulpen mereka gak bisa dipake karena tintanya gak bisa turun. Sepuluh tahun dihabiskan oleh ilmuwan NASA untuk memecahkan masalah ini, dan akhirnya lahirlah sebuah pulpen seharga 12 juta dolar, dapat dipakai di gravitasi 0, dalam air, bisa ditulis di mana saja, dan dapat ditulis dalam suhu yang ex-treme.

 Dan yang dilakukan ilmuwan Rusia untuk astronot mereka...?

 Mereka menggunakan pensil!

 Kasus 3
 Nah, ada bos apartemen menerima keluhan pelanggannya. Katanya lift apartemen terlalu lama naik turunnya, jadi mereka merasa terlalu lama menunggu. Menurut sejumlah pakar, dia mesti menambah jumlah lift. Pakar yang lain bilang ganti lift dengan yang lebih cepat. Pastinya biaya utnuk melakukan saran ini gak sedikit.

 Tapi ada satu pakar yang punya pikiran lain. "Intinya, mereka itu cuma terlalu lama menunggu. Gimana kalo anda beli cermin di depan lift, supaya penghuni punya kegiatan lain daripada menunggu"

 Intinya, ada filosofi disebut KISS (Keep It Simple Stupid), mencari solusi paling stupid atau sederhana, sehingga bahkan orang bodoh sekalipun dapat melakukannya.Fokus pada masalah, itu aja intinya.

Your Reply